Powered By Blogger

Sabtu, 28 April 2012

Tiga Letusan Gunung Terdahsyat di dunia (Menurut saya lho)

Nah, sekarang kita membahas tentang: Tiga Letusan Gunung Terdahsyat di dunia (menurut saya)
Nah, Langsung saja:

1.Letusan Gunung Toba (Sumatera, Indonesia, 74.000 tahun lalu)













(Gambar ini ilustrasi lho)
Gunung Toba dulu terletak di daerah Sumatera Utara yang sekarang lebih dikenal dengan danau toba. Gunung ini diperkirakan meletus sekitar 74.000 tahun yang lalu. Letusan gunung ini masih diperdebatkan para ilmuwan, dan mereka menemukan bukti2 yaitu adanya fosil dan batuan yang tersebar di daerah asia tenggara yang berumur sama dengan letusan itu. Konon, letusan ini sampai mengubah iklim dunia, dan meninggalkan kaldera yang berubah jadi danau toba. Jika dibandingkan dengan letusan gunung2 lain, gunung ini 10 kali lebih kuat dari Gunung Krakatau dan 100 kali lebih kuat dari gunung vesuvius di Italia.

2.Letusan Gunung Tambora (Sumbawa, Indonesia, 1815)
























Gunung Tambora, gunung setinggi tiga belas ribu kaki ini (kurang lebih 3.960 m)
meletus tanggal 5 April 1815. Gunung ini telah meletus dan terdengar suara letusannya sejauh ribuan kilometer. Selama lima hari non-stop, gunung ini memuntahkan abu dalam jumlah yang mampu meruntuhkan rumah di Sumbawa karena bobotnya. Abu ini tebal dan tidak bisa ditembus cahaya matahari sampai konon dikatakan tidak mampu melihat tangan dihadapan wajah mereka.
Gunung ini menewaskan lebih dari 150.000 orang, dan menyusul wabah kolera dan orang kelaparan.
Abu gunung ini bahkan menyebabkan tahun tanpa musim panas diseluruh dunia, yang mengakibatkan wabah kelaparan.

3. Letusan Gunung Krakatau (Selat Sunda, Indonesia, 1883)



















Krakatau terletak di Selat Sunda, diantara Pulau Sumatera dan Jawa. Pulau Krakatau tidak dihuni, tapi sering masyarakat sekitar datang kepulau itu untuk melihat kawah cekung gunung itu.
Minggu tengah hari, tanggal 26 Agustus 1883, serangkaian ledakan sangat besar terjadi di Krakatau.
Hal ini berlangsung selama 24 Jan, hingga esoknya, ketika empat letusan sangat besar terjadi sekitar pukul 10 pagi, letusan ini bisa dikatakan mengguncang dunia, sampai membangunkan orang di Australia Selatan, yang berjarak lebih dari 4000 km jauhnya. Karena dekat laut, Letusan ini memicu Tsunami yang menewaskan 36.000 orang dan menenggelamkan dan melemparkan kapal-kapal. Bahkan banyak pulau dan tanjung yang tenggelam akibat Tsunami Krakatau.
Sebagai perbandingan:
Google Map 2008:






























Peta Thomas Stamford Raffles (The History Of Java)






























Terlihat jelas ujung kulon jaman dulu dan sekarang berbeda, jaman sekarang ujung kulon hampir terpisah dengan pulau jawa, dulu padahal tidak.

Sekian, Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar