Powered By Blogger

Rabu, 23 Maret 2011

Menghentikan Proses virus dan menghapus file virus secara Manual

 Menghentikan proses virus
     Kebanyakan virus lokal dibuat dengan Visual Basic yang memanfaatkan file mvsbm50.dll dan msvbm60.dlll yang terletak di C:\ WINDOWS\system32. Cara menghentikan proses virus ini dengan mengubah atau me-rename file tersebut dengan nama lain, misal fileku.dll dan punyaku.dll.

      Langkah mudah menghapus virus yaitu dengan cara menghapus langsung secara manual pada file yang bervirus, dengan cara klik file kemudian ketik tombol Delete pada keyboard. Untuk memudahkan anda dapat menggunakan fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.       Untuk membuka Search yaitu klik Start >> Search.
2.        Klik  Search this computer for files
3.        Klik  All files and folders, kemudian pada kotak ketik *.exe (artinya anda akan memunculkan semua file tipe application (exe). Pada Look in pilih drive yang ingin anda cari file yang bervirus (misalnya pada flashdisk di drive H). Kemudian klik Search.
4.       Kemudian akan tertampil semua file yang berekstensi exe (Application) di drive yang anda cari. Perhatikan apakah ada file yang mencurigakan / tidak sesuai dengan tipenya misal terdapat file MS Word yang seharusnya bertipe Document (*.Doc) justru bertipe application, yang mengindikasikan terinfeksi virus. Untuk ini jika data tersebut tak penting maka hapus segera dengan tekan Delete pada keyboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar