Powered By Blogger

Kamis, 24 Maret 2011

Mengamankan Flashdisk dari virus

Berikut ini ada cara untuk mengamankan flashdisk dari virus:
A.      Membuat Folder Autorun.inf pada flashdisk
    Cara ini dengan membuat sebuah folder autorun.inf pada flashdisk beserta file isinya berupa notepad dengan nama menggunakan huruf Jepang, China, dan Korea (unicode). Hal ini dimaksudkan:
1.        Pada Windows tidak bisa dibuat file dengan nama yang sama dengan nama sebuah folder, sehingga virus tidak bisa menciptakan file autorun.inf pada flashdisk. Tidak menggunakan file tapi folder karena virus dapat me-reset atribut file, menghapusnya, kemudian membentuk file yang baru.
2.       Agar folder lebih terlindungi dan tidak dapat dihapus maka digunakan unicode yang terdiri dari huruf Jepang, China, Korea. Hal ini karena kebanyakan virus tidak mendukung / men-support karakter unicode sehingga karakter ini dianggap sebagai karakter windows.

      Langkah-langkah membuat folder autorun.inf sebagai berikut:

1.       Buka Windows Explorer, kemudian klik Tools >> Folder Options >> View. Kemudian klik pada Show hidden files and folders, lalu klik OK. Hal ini untuk menampilkan file / folder tersembunyi (hidden).
2.       Buka flashdisk anda, lalu hapus file autorun.inf. jika tidak ditemukan file autorun.inf maka diamkan saja.
3.       Buat folder baru dengan nama autorun.inf.
4.       Lalu klik ganda folder autorun.inf tersebut. Ekmudian pada halaman yang kosong tersebut klik kanan, pilih New >> Text Document.
5.       Langkah selanjutnya, memasukkan karakter unicode (Jepang, China, Korea), dengan cara membuka windows explorer. Kemudian klik Drive C >> Windows >> System32. Lalu carilah file bertuliskan charmap.
6.       Klik ganda file charmap.
7.       Klik pada Font kemudian carilah huruf Arial Unicode. Kemudian pilihlah lima huruf dari karakter Jepang, China, dan Korea. Lalu klik Copy. (jika tidak ada huruf Arial Unicode, anda dapat melakukan browsing dan download di internet, selanjutnya paste-kan file huruf di folder Fonts pada Control Panel.
8.       Kemudian bukalah folder autorun.inf pada flashdisk, klik kanan pada Text Document lalu klik Rename. Setelah itu tekan Ctrl + V untuk melakukan paste. Dalam hal ini karakter akan menjadi kotak-kotak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar